Riwayat Singkat KH. Multazam Bangsri

Table of Contents
KH Multazam Bangsri
Catatan riwayat singkat KH. Multazam oleh adik beliau, Kiai Zubairi (Difoto oleh cucu beliau, bpk. Nizar Maulana Akbar Sidiq)

Simbah KH. Multazam lahir pada hari Kamis, 14 Shofar 1352 H di Desa Tedunan, Kec. Kedung, Kab. Jepara. Semasa kecil, beliau belajar Al-Qur'an dengan ayahanda KH. Abdullah Khozin.

Mbah Mul, panggilan akrab kami untuk beliau, belajar di madrasah diniyyah "Nahdlotul Ulama School" di Desa Tedunan. Madrasah ini sekarang (mulai tahun 1950-an) sudah tidak ada. Pada waktu itu, yang menguji untuk kenaikan kelas adalah Hadratusy Syaikh Romo KH. Asnawi Kudus.

Mbah Mul lalu mengaji kitab dengan mondok di Desa Mutih Kulon, Kec. Wedung dengan Romo KH. Sanusi.

Setelah itu, beliau melanjutkan pendidikan di Perguruan Islam Matholiul Falah Kajen, mondok di Pondok Pesantren Maslakul Huda Polgarut Utara, Kajen, yang pada waktu itu diasuh oleh Romo KH. Ali Muhtar, adik Romo KH. Mahfudl (ayahanda Romo KH. MA. Sahal Mahfudh).

Selepas dari Kajen, beliau mondok di Sarang, Rembang (seangkatan dengan KH. MA Sahal Mahfudh) di pondok Romo KH. Zubair. Di sana, beliau sempat menjadi staf pengajar/qori'.

Beliau kemudian mondok lagi di Bendo, Pare, Kediri, yang saat itu diasuh oleh Romo KH. Muhajir dan Romo KH. Hayatul Makki.

*

Artikel ini dipublikasikan menjelang Haul ke-2 beliau, 28 Juli 2022. Semoga kegigihan dan ketekunan beliau dalam mengaji dan mengajar dapat menjadi suri teladan bagi kita semua. Amin.

Haul ke-2 KH. Multazam

Disunting dari catatan adik beliau, Kiai Zubairi (foto milik cucu beliau, bpk. Nizar Maulana Akbar Sidiq)

Baca juga:
Silsilah KH. Multazam bin Abdullah Khozin di sini
Silsilah ayah beliau, KH. Abdullah Khozin bin Thohir di sini
Achmad Syarif S
Achmad Syarif S Saya seorang santri dan sarjana pertanian. Menulis adalah cara saya bercerita sekaligus berwisata

Post a Comment