Doa Yang Dianjurkan Rasulullah Dalam Menghidupkan Lailatul Qadr

Table of Contents
Doa Ramadhan

Di antara kita pasti masyhur mendengar doa yang dibacakan imam shalat jama’ah, terutama saat malam di bulan Ramadhan.

Dalam Kitab al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah, doa tersebut mempunyai fadilah untuk dibaca di malam bulan Ramadhan, terlebih di sepuluh malam terakhirnya untuk menghidupkan malam lailatul qadr.

Doa Yang Dianjurkan Rasulullah Menjawab Pertanyaan Siti Aisyah

Satu waktu Sayyidatina Aisyah ra. bertanya kepada Nabi, “Wahai Rasulullah, sekiranya saya tahu kapan lailatul qadr datang, lantas doa apa yang mesti saya ucapkan?”

Jawab Rasulullah saw: “Berdoalah:

اللّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Mulia. Engkau menyukai ampunan, maka mohon ampunilah saya.” (terjemah bebas penulis)

Diberi Ampunan: Yang Paling Kita Diharapkan

Hadits di atas mengandung isyarat akan salah satu hal penting yang sepantasnya kita minta. Yaitu terlepasnya tabiat dosa-dosa kita, serta bersihnya kita dari kotoran aib-aib kita.

Karena dengan membersihkan diri dari dosa dan salah, kita dapat termasuk menjadi bagian dari Hizbullah, golongan Allah. Sedang mereka, hizbullah, adalah orang-orang yang dikaruniai keberuntungan.

Demikian uraian Syaikh Ibnu ‘Allan menanggapi hadits tentang doa di atas.

Menghidupkan Lailatul Qadr

Oleh para mushonnif, kita dianjurkan untuk menghidupkan malam-malam terakhir Ramadhan dengan shalat, membaca al-Qur’an, dzikir, dan doa.

Termasuk yang masyhur di lingkungan kita adalah dilaksanakannya shalat tasbih dan mengkhatamkan al-Qur’an. Memperbanyak dzikir dan doa di atas juga semoga dapat mempermudah jalan, bagi kita meraih fadilah lailatul qadr yang dimuliakan.

Wa Allah a’lam.

اللهم إنك عفو كريم تحب العفو فاعف عنا

Referensi:
Al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah (Ensiklopedia Fikih) juz 35 Karya Kementerian Wakaf dan Urusan Keislaman Kuwait hlm. 362

ويكون إحياء ليلة القدر بالصلاة وقراءة القرآن والذكر والدعاء، وغيرها من أعمال الصالحة، وأن يكثر من دعاء: اللهم إنك عفو كريم تحب العفو فاعف عني، لحديث عائشة رضي الله عنها قالت: قلت: يا رسول الله أرأيت إن علمت أيّ ليلة ليلة القدر ما أقول فيها؟ قال: قولي: اللهم إنك عفو كريم تحب العفو فاعف عني

قال ابن علان: بعد ذكر هذه الحديث: فيه إيماء إلي أن أهم المطالب انفكاك الإنسان من تبعات الذنوب وطهارته من دنس العيوب، فإن بالطهارة من ذلك يتأهل للانتظام في سلك حزب الله وحزب الله هم المفلحون
Achmad Syarif S
Achmad Syarif S Saya seorang santri dan sarjana pertanian. Menulis adalah cara saya bercerita sekaligus berwisata

Post a Comment