Niat Puasa Ramadhan dan Taqlid pada Imam Madzhab Lain (Ngaji Fiqh)

Table of Contents
Niat Puasa Ramadhan

Kewajiban Membaca Niat Puasa Setiap Malam Ramadhan

Perihal niat puasa Ramadhan, kita sebagai pengikut madzhab Imam Syafi’i dituntut untuk membaca niat setiap hari pada waktu malamnya, yakni antara setelah isya’ hingga waktu sahur.

Misal bulan Ramadhan ada 30 hari, berarti kita dituntut untuk membaca niat puasa 30 kali selama satu bulan.

Mushonnif kitab Fath al-Mu'in pun menjelaskan, meskipun pada malam pertama Ramadhan kita membaca niat untuk berpuasa satu bulan penuh, menurut madzab Imam Syafi'i, niat itu hanya dapat berlaku untuk puasa hari pertama saja.

Alhasil, jika kita lupa membaca niat puasa Ramadhan pada suatu malam, misalnya, maka secara fiqh, puasa kita tidak sah.

Kehati-hatian, Niat Satu Bulan Penuh Taqlid pada Imam Malik

Lebih lanjut, Syaikh Ibnu Hajr Al-Haitami tetap menganjurkan supaya kita dapat membaca niat puasa satu bulan penuh di malam pertama bulan Ramadhan, disertai taqlid pada Imam Malik.

Taqlid semacam ini dilakukan agar puasa kita tetap sah jika pada satu malam di bulan Ramadhan, kita lupa membaca niat.

Berikut lafadz niat menurut KH. Ahmad Idris Marzuki, Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri.

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

"Saya niat berpuasa sepanjang bulan Ramadhan di tahun ini dengan taqlid (mengikuti) Imam Malik, fardhu karena Allah swt." (Terjemah dari penulis)

Catatan Penting: Niat Harus Disertai dengan Taqlid 

Penting diperhatikan, bahwa niat berpuasa satu bulan penuh di malam pertama Ramadhan di atas harus disertai dengan taqlid (mengikuti) pada Imam Malik.

Apabila tidak disertai taqlid, maka kita dianggap telah mencampuradukkan satu ibadah yang rusak, yang itu hukumnya haram. Demikian keterangan Abu Bakr Muhammad Syatho dalam I'anah ath-Thalibin.

Hal ini sekali lagi karena kita umumnya umat muslim Indonesia, pada dasarnya mengikuti madzab fiqh Imam Syafi’i.

***

Sebenarnya, masih ada solusi lain jika memang pada malam hari kita lupa tidak membaca niat, yakni kita disunnahkan membaca niat di pagi hari (selepas subuh) disertai taqlid pada Imam Abu Hanifah.

Cara ini juga dilakukan supaya puasa kita di hari itu tetap dihukumi sah. Hal ini juga menjadi jalan keluar manakala pada malam pertama Ramadhan kita tidak sempat membaca niat puasa satu bulan penuh taqlid pada Imam Malik.

***

Hemat penulis, sebagai bentuk kehati-hatian, kita sebaiknya dapat melaksanakan shalat tarawih di setiap malam bulan Ramadhan. Karena kebiasaan masyarakat kita, setelah shalat tarawih, seluruh jamaah diajak untuk melafadzkan niat puasa bersama-sama (niat yang wajib dibaca di dalam hati, sunnah dilafadzkan dengan lisan).

Di samping itu, kita bisa menambahkan niat taqlid pada Imam Malik pada malam pertama Ramadhan, atau jika terlewatkan, hingga suatu malam kita lupa membaca niat, maka bisa membaca niat taqlid pada Imam Abu Hanifah di pagi harinya.

Menyempurnakan ibadah, sebagai sebuah kelayakan seorang hamba pada Tuhannya.

Wa Allah a’lam.

Referensi:
Fath al-Mu’in hlm 55
Oleh Syaikh Zainuddin Al-Malibari

وفرضه) أي الصوم (نية لكل يوم) فلو نوى أول ليلة من رمضان صوم جميعه لم يكف لغير اليوم الأول قال شيخنا لكن ينبغي ذلك ليحصل له صوم اليوم الذي نسى النية فيه عند مالك كما تسن له أول اليوم الذي نسيها فيه ليحصل له صومه عند أبي حنيفة وواضح أن محله ان قلد وإلا كان متلبسا بعبادة فاسدة في اعتقاده

I’anah at-Thalibin Juz II hlm 221—222
Oleh Sayyid Abu Bakr Muhammad Syatho

قوله وواضح أن محله) أى حصول الصوم له بذلك (وقوله ان قلد) أى الامام مالكا في النية أول ليلة من رمضان أو الامام أبا حنيفة في النية أول النهار ان نسيها ليلا فمفعوله محذوف (قوله وإلا) أى وان لم يقلد من ذكر بل صام بالنية المذكورة الأولى والثانية من غير تقليد (وقوله كان متلبسا بعبادة فاسدة) أى هو حرام (وقوله في اعتقاده) متعلق بفاسدة أى فاسدة في اعتقاد الناوي وان كانت صحيحة في اعتقاد غيره

Postingan Twitter Serambi Lirboyo 29 April 2019

Achmad Syarif S
Achmad Syarif S Saya seorang santri dan sarjana pertanian. Menulis adalah cara saya bercerita sekaligus berwisata

Post a Comment