Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjaga Amanah: Amalan Ihsan Seorang Hamba pada Tuhan dan Sesama

Quote menjaga amanah



Telah kita ketahui bersama, bahwa amanah secara sederhana dapat bermakna kepercayaan. Dalam KKBI, amanah berarti sesuatu yang dipercayakan (dititipkan) kepada orang lain.

Menjaga Amanah: Mengamalkan Ihsan


Dalam Kitab Syajaratul Ma’arif diterangkan bahwa menjaga dan melaksanakan amanah termasuk dari kebaikan (ihsan) yang paling luhur.

Secara praktis, ketika seseorang datang dan memberi amanah (titipan, kepercayaan) kepada kita, maka sudah sepantasnya kita berkewajiban untuk menjaga atau melaksanakannya.

Dengan begitu, satu ihsan (kebaikan) luhur telah kita amalkan.

Terlebih, apabila kita mampu mengusahakan dan menjalankan amanah ‘lebih’ dari apa yang diharapkan (diperintahkan), berarti kita telah mengamalkan ihsanul ihsan.

Ihsanul Ihsan: Melebihi dari Yang Dituntut


Ihsanul ihsan menurut Syaikh Izzuddin Ibn Abdissalam merupakan salah satu jenis Ihsan al-Abdan (Kebaikan dengan perantara badan/perbuatan).

Yakni melakukan sesuatu melebihi dari apa yang diperintahkan/diharapkan, seraya menghindarkan diri dari sifat menyakiti, merugikan orang lain, menghina, mengumbar aibnya, berpura-pura dalam kebaikan, dan menyebut-nyebut kebaikan yang telah dilakukan.

“Tunaikanlah amanah itu kepada orang yang mempercayakannya kepadamu. Dan janganlah kamu menghianati orang yang menghianatimu.” (Al-Hadits aw kama qala)

Macam Amanah


Ibnu Katsir dalam Kitab Tafsirnya menjelaskan, bahwa bagi kita, sebagai manusia sekaligus hamba, amanah bisa meliputi amanah huquqillah ‘ala ‘ibadih (hak Allah atas hamba-Nya) dan huquqil ‘ibad ba’dhihim ‘ala ba’dh (hak antar sesama hamba).

Amanah yang berupa ‘hak Allah atas hamba-Nya’ adalah seperti shalat, zakat, kafarat, nadzar, puasa, dan lain sebaganya (yang berwujud ketaatan).

Adapun contoh amanah ‘hak antara sesama hamba’ ialah titipan, serta segala sesuatu yang diamanahkan oleh sebagian hamba kepada yang lain (yang berupa kepercayaan).

Ayat-Ayat terkait Menjaga Amanah


“Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya” (Al-Mu’minun: 8, Al-Ma’arij: 32)

“Akan tetapi jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, maka hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya (hutangnya)” (Al-Baqarah: 283)

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat” (An-Nisa’: 58)

***

Semoga dengan ini, kita menjadi lebih bisa memaknai amanah yang telah Allah berikan, sehingga kita bisa istiqamah dalam ketaatan.. mengingat transaksi dengan orang lain yang berupa kesepakatan, sehingga kita bisa tetap menjalankan.

Menjaga Amanah: Ihsan dalam ketaatan kepada Tuhan, dan melaksanakan kepercayaan kepada sesama hamba.

Wa Allah a’lam.

***

Referensi:
Kitab Syajarah al-Ma’arif wa al-Ahwal wa Shalih al-Aqwal wa al-A’mal
Oleh Sulthonul ‘Ulama` Syaikh Izzuddin Bin Abdussalam

Unduh via google drive di sini

فصل في حفظ الأمهات وأداءها

قال الله تعالى: ﴿وَالَّذِينَ هُمْ لأمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ﴾ [المؤمنون ٨، المعارج ٣٢ ]
وقال: ﴿فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُمْ بَعْضًا فَلْيُؤَدِّ الَّذِي اؤْتُمِنَ أَمَانَتَهُ﴾ [البقرة ٢٨٣]
 وقال: ﴿إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الأمَانَاتِ﴾ [النساء ٥٨]

حفظ الأمانات وردها من أحسن أنواع الإحسان، والمبالغة في حفظها بما يزيد على حفظ مثلها من باب إحسان الإحسان، فأدّ الأمانة إلى من ائتمنك ولا تخن من خانك.

وإحسان الأبدان أقسام:
السابع: إحسان  الإحسان وهو أن يفعل على أعلى مراتبه خليا من الشبه والأذى والإيذاء والعيوب والإذلال والمنة

Tafsir Ibnu Katsir surah an-Nisa’ ayat 58
Via furqan.co di sini

وَهَذَا يَعُمُّ جَمِيعَ الْأَمَانَاتِ الْوَاجِبَةِ عَلَى الْإِنْسَانِ، مِنْ حُقُوقِ اللَّهِ، عَزَّ وَجَلَّ، عَلَى عِبَادِهِ، مِنَ الصَّلَوَاتِ وَالزَّكَوَاتِ، وَالْكَفَّارَاتِ وَالنُّذُورِ وَالصِّيَامِ، وَغَيْرِ ذَلِكَ، مِمَّا هُوَ مُؤْتَمَنٌ عَلَيْهِ لَا يَطَّلِعُ عَلَيْهِ الْعِبَادُ، وَمِنْ حُقُوقِ الْعِبَادِ بَعْضِهِمْ عَلَى بَعْضٍ كَالْوَدَائِعِ وَغَيْرِ ذَلِكَ مِمَّا يَأْتَمِنُونَ بِهِ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ مِنْ غَيْرِ اطِّلَاعِ بَيِّنَةٍ عَلَى ذَلِكَ. فَأَمَرَ اللَّهُ، عَزَّ وَجَلَّ، بِأَدَائِهَا "

Makna/terjemah surah via tafsirweb.com:
Surah al-Mu'minun ayat 8
Surah al-Baqarah ayat 283
Surah an-Nisa' ayat 58

Achmad Syarif S
Achmad Syarif S Nyantri selawase

Post a Comment for "Menjaga Amanah: Amalan Ihsan Seorang Hamba pada Tuhan dan Sesama"

Berlangganan via Email