Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Telaah Kesunnahan Puasa Rajab dalam Kitab Maraqi al-'Ubudiyyah

Dibaca normal tidak sampai 3 menit

Maraqi al-Ubudiyyah Bidayah al-Hidayah

Di lingkungan penulis, mungkin juga di lingkungan teman-teman pembaca sekalian, bulan Rajab dikenal memiliki keutamaan puasa sunnah.

Dalam Bidayah al-Hidayah, Imam Ghazali menjelaskan:

والأيام الفاضلة التي توجد في كل سنة التي شهدت الأخبار بشرفها وفضلها بجزالة الثواب في صيامها يوم عرفة لغير الحاج ويوم عاشوراء والعشر الأول من ذي الحجة والعشر الأول من المحرم ورجب وشعبان.

Oleh Hujjatul Islam, kurang lebihnya dikatakan bahwa ada hari-hari yang memiliki kemuliaan dan keutamaan, seperti halnya pahala yang melimpah bagi kita yang mau berpuasa di hari itu. Di antaranya – yang ditemukan dalam beberapa riwayat hadits – adalah puasa di bulan Rajab.

Lebih lanjut, oleh Imam Nawawi al-Bantani dijelaskan bahwa apabila kita mau berpuasa di bulan Rajab, hendaknya tidak sampai penuh satu bulan.

وكره بعض الصحابة أن يصام رجب كله حتى لا يضاهي بشهر رمضان

Dalam keterangan Syarahnya (Maraqi al-‘Ubudiyyah) tersebut, sebagian sahabat menghukumi makruh apabila puasa Rajab dilakukan selama satu bulan penuh, karena hal ini dianggap dapat menyerupai puasa bulan Ramadhan.

Fadhilah Rajab Sebagai Salah Satu al-Asyhur al-Hurum

Selain karena adanya keutamaan di atas, puasa Rajab juga disunnahkan bagi kita karena ia termasuk salah satu dari bulan mulia.

وصوم الأشهر الحرم من الفضائل وهي ذو القعدة وذو الحجة والمحرم ورجب

Di antaranya adalah bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Namun dalam urutannya, bulan-bulan yang memiliki fadhilah berpuasa setelah bulan Ramadhan secara berturut-turut adalah Muharram, Rajab, Dzulhijjah, Dzulqa’dah, lalu bulan Sya’ban.

وأفضلها للصوم بعد رمضان المحرم، ثم رجب ثم الحجة ثم القعدة ثم شعبان

Wa Allah a’lam.

***

Referensi:
Kitab Maraqi al-‘Ubudiyyah oleh Muhammad Nawawi Ibn Umar al-Bantani al-Jawi, syarh Bidayah al-Hidayah oleh Imam al-Ghazali.

Download pdf Kitab Maraqi al-Ubudiyyah di sini

Achmad Syarif S
Achmad Syarif S Bermedia dalam Jeda

Post a Comment for "Telaah Kesunnahan Puasa Rajab dalam Kitab Maraqi al-'Ubudiyyah"

Berlangganan via Email