Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Idhotun Nasyi'in, Kumpulan Mutiara Nasihat Penggelora Semangat (Muqoddimah)

Dibaca normal 4 menit

Kitab remaja pemuda

Karya Syaikh Musthafa Al-Ghalayini

Kitab Idhotun Nasyi’in ditulis oleh Syaikh Musthafa Al-Ghalayini, seorang wartawan dan sastrawan yang pernah belajar di Mesir, termasuk salah seorang murid dari Syaikh Muhammad Abduh.

Syaikh Al-Ghalayini mengasuh rubrik di surat kabar Al-Mufid yang bernama Idhotun Nasyi’in. Yang artinya nasihat untuk para remaja/pemuda yang baru tumbuh.

Awal Mula Penyusunan Kitab

Dalam muqoddimah Kitabnya, dikatakan bahwa mulanya mutiara-mutiara (tulisan) beliau hanya terbatas dikonsumsi oleh orang yang berlangganan surat kabar Al-Mufid.

Dan karena banyak orang yang tertarik dengan kandungan pesan dan nasihat yang ditulis oleh Al-Ghalayini ini, maka beliau disarankan supaya mengumpulkan dan membukukannya, agar dapat dibaca dan dikonsumi oleh lebih banyak orang (yang belum sempat membacanya).

“Kitab ini kental dengan bahasa sastranya, menggugah semangat para remaja yang baru tumbuh.” tutur KH. A. Mustofa Bisri.

Berisi Mutiara-Mutiara Nasihat Penggelora Semangat

Oleh Al-Ghalayyini, Idzotun Nasyi’in ini diperumpamakan seperti mutiara-mutiara yang tersusun rapi, tersebar berbagai macam topik tentang sosial dan akhlak di antara sayap-sayapnya, terkandung berbagai macam adab dan hikmah di dalam tulang rusuknya.

Juga sebagai wadah senjata untuk melawan musuh-musuh kemalasan dan berbagai sifat negatif yang berasal dari penyakit sosial serta penyakit masa kini.

Sehingga, nasihat-nasihat ini diharapkan dapat digenggam erat oleh para remaja yang sedang tumbuh, supaya bisa menjadi pelindung di saat masuk usia dewasa, dan menjadi modal berharga ketika menginjak masa tua.

Unduh Matan Kitab Idhotun Nasyi’in format pdf di sini.

Serta simak pengajiannya bersama KH. Ahmad Mustofa Bisri via Youtube di GusMus Channel.

Wa Allah a’lam.

Achmad Syarif S
Achmad Syarif S Bermedia dalam Jeda

Post a Comment for "Idhotun Nasyi'in, Kumpulan Mutiara Nasihat Penggelora Semangat (Muqoddimah)"

Berlangganan via Email