Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Shalat Hajat dan Dzikir Motivasi Ala Prof. KH. Yudian Wahyudi

Shalat Hajat dan Dzikir Motivasi Ala Prof. KH. Yudian Wahyudi

Pada waktu kunjungan beliau di Pondok Pesantren Wahid Hasyim tempo lalu, beliau memberikan motivasi kepada sejumlah santri. Selain anjuran untuk mengistiqomahkan shalat dhuha, beliau juga memberikan ayat dan bacaan (dzikir) penting, yang saya kemudian menyebutnya dengan ayat dan dzikir motivasi.

Ayat Motivasi

Ayat tersebut adalaah ayat ke-4 surah adh-Dhuha:  وللآخرة خير لك من الأولى (Sungguh akhirat lebih baik bagimu dari permulaan). Menurut Prof. Yudian, kita dapat menggunakan ayat ini untuk memotivasi diri sendiri, bahwa tujuan akhir (yang hendak kita capai) adalah lebih baik bagi kita daripada permulaan (usaha kita).

Seperti contoh, tujuan akhir kita adalah hafal 1 juz dalam sebulan, dan permulaan usaha kita adalah nderes tiap pagi dan malam. Maka kita dapat menggunakan ayat tersebut menjadi kalimat motivasi, yakni: “Hafal 1 juz dalam sebulan adalah lebih baik dari nderes tiap pagi dan malam”.

Hafal 1 juz dalam sebulan adalah lebih baik dari nderes tiap pagi dan malam

Atau tujuan akhir kita menerbitkan novel di akhir tahun dan permulaan usaha kita menulis sehari minimal 1 halaman. Sehingga kata motivasi kita menjadi Menerbitkan novel di akhir tahun adalah lebih baik dari menulis sehari minimal 1 halaman”.

Dzikir Motivasi

Ayat motivasi di atas kemudian beliau sandingkan dengan (yang saya sebut) dengan dzikir motivasi, yakni isi dari syahadatain: لا إله إلا الله، محمد رسول الله

Pada contoh yang sama dengan yang sebelumnya, maka kalimat motivasinya menjadi berbunyi “Tidak akan hafal 1 juz dalam sebulan kecuali dengan nderes tiap pagi dan malam. Nderes tiap pagi dan malam adalah (rasul) yang menghantarkan pada hafal 1 juz dalam sebulan."

Tidak akan hafal 1 juz dalam sebulan kecuali dengan nderes tiap pagi dan malam. Nderes tiap pagi dan malam adalah (rasul) yang menghantarkan pada hafal 1 juz dalam sebulan.

Kemudian bunyi kalimat motivasi contoh yang kedua menjadi “Tidak akan menerbitkan novel di akhir tahun kecuali dengan menulis sehari minimal 1 halaman. Menulis sehari minimal 1 halaman adalah yang menghantarkan pada menerbitkan novel di akhir tahun."

Dzikir motivasi

Ayat-Dzikir Motivasi + Istiqomah Shalat Dhuha

Ayat-dzikir motivasi yang kemudian menjadikan kita yang membacanya, menjadi termotivasi, bahwa tujuan (yang kita harapkan) datang karena usaha yang kita lakukan di permulaan.

Dari bacaan (kalimat-kalimat motivasi) tersebut, selayaknya kita menjadi lebih rajin berikhtiar (melaksanakan usaha awal) demi menuju tahap (tujuan) akhir.

Prof. Yudian juga memberikan anjuran yang sangat kepada kita agar istiqomah menunaikan shalat hajat. Kapanpun merasa butuh, segera curhat-kan pada-Nya melalui shalat hajat.


Semoga amaliah-amaliah di atas dapat menjadi wasilah agar kita (yang mengamalkannya) dapat memperoleh ridha Allah swt.

Wa Allah a’lam
Achmad Syarif S
Achmad Syarif S Bermedia dalam Jeda

Post a Comment for "Shalat Hajat dan Dzikir Motivasi Ala Prof. KH. Yudian Wahyudi"

Berlangganan via Email