Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahagia Itu Berasal dari Dalam Diri (Trolls)


Branch quote Trolls

Menonton Trolls, ada satu quote penting yang saya dapatkan. “Kebahagiaan itu ada dalam diri setiap orang. Terkadang butuh kehadiran orang lain supaya kebahagiaan itu muncul.”

Sebagian kita berpandangan, bahwa dengan memiliki sesuatu, seperti menyantap makanan enak, mempunyai kendaraan mewah, memperoleh sesuatu yang kita harapkan, berkumpul bersama keluarga atau sahabat, merupakan sesuatu yang membuat kita bahagia.

Namun dalam beberapa waktu kita menemukan, orang justru dapat merasakan bahagia meskipun menyantap makanan seadanya, berkendaraan juga jika ada, bahagia walaupun apa yang diinginkan belum terccapai, bahkan sedang sendiri-pun seseorang tetap bisa merasa bahagia.

Jadi, apa memang bahagia itu (berupa) memiliki sesuatu (yang dianggap berharga)?

Secara relatif, saya meyakini, tidak harus.

Bahagia bukan ditentukan oleh ada-tidaknya materi (di luar diri), melainkan ditentukan oleh (persepsi) hati. Perasaan atau cara pandang seseorang terhadap materi-lah yang dapat memengaruhi bahagia-tidaknya seseorang.

Oh ya, lebih lanjut lagi, bahagia atau tidak-nya kita di dunia, sebenarnya tak menjadi apa. Karena ia bersifat sementara. Yang terpenting, kebahagiaan nyata di akhirat adalah dambaan kita semua... meskipun tetap tak ingin tidak bahagia juga di dunia.

Wa Allah a’lam

Poppy Trolls quote
Achmad Syarif S
Achmad Syarif S Bermedia dalam Jeda

Post a Comment for "Bahagia Itu Berasal dari Dalam Diri (Trolls)"

Berlangganan via Email