Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berproses Mengenal Jati Diri (Mike dan Sully)

Berproses Mengenal Jati Diri (Mike dan Sully) Quote Monster University

“Mike, kamu memang tidak menakutkan. Tapi kamu tidak kenal rasa takut.” Sully

Satu kutipan dari film Monsters University yang menurut saya memiliki makna penting dalam kehidupan. 

Secara umum, tujuan utama keberadaan monster dalam film Monsters University tak lain adalah untuk menjadi scary (menakutkan). Namun secara dzohir, Mike (melalui proses pengalaman yang panjang) menyadari bahwa ia tak diberi kemampuan melakukan hal yang menakutkan sedikitpun (meskipun secara teori ia adalah yang terbaik).

Sebaliknya, Sully (yang terkenal karena memiliki orang tua terpandang) yang tidak banyak mengetahui teori tentang scary, tetapi dia secara dzohir sangat mampu menjadi yang terbaik dalam hal menakut-nakuti.

Melalui proses pengalaman yang panjang (dari awal masuk kampus hingga akhirnya dikeluarkan), mereka menyadari bahwa ada banyak kekurangan di dalam diri mereka masing-masing. Apalagi, yang menjadikan mereka sadar adalah karena mengakui kelebihan orang lain. Sully mengakui kecerdasan Mike. Mike mengakui kemampuan Sully.

Yang pada akhirnya, "Man 'arofa nafsahu fa qad 'arofa Robbahu". Dari kejadian Mike dan Sully dapat saya simpulkan satu hal penting, bahwa barang siapa mengenal jadi dirinya (banyak kurangnya, makhluk sosial, hamba Tuhan), maka ia akan mengenal Tuhannya (menerima ketentuan Tuhan dengan ikhlas, menjalani apapun dengan sepenuh hati, suka maupun duka).

Wallahu a'lam.

Cuplikan adegan Mike dan Sully
Achmad Syarif S
Achmad Syarif S Bermedia dalam Jeda

Post a Comment for "Berproses Mengenal Jati Diri (Mike dan Sully)"

Berlangganan via Email